intelectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of the picture (with or without watermark) from this site without my permission.
Showing posts with label I-Crafting. Show all posts
Showing posts with label I-Crafting. Show all posts

Saturday, June 25, 2016

DIY: Studio Foto Mini dari Kotak Kardus


Aku tipe yang suka dan sudah terbiasa memotret benda-benda kecil (sebut saja: benang rajut) pake bantuan cahaya matahari langsung sebagai pencahayaan. Tapi akhir-akhir ini susah banget cari waktu yang tepat karena sering banget hujan, atau malah harus pergi sampai malam.

Makanya, kupikir ini saatnya aku mencoba mempraktekkan tutorial-tutorial cara membuat studio foto mini dari kardus yang sudah beberapa kali kutonton dulu. Murah dan mudah dibuat! :D

Bahan dan alat yang disiapkan:
  1. Kardus sesuai ukuran yang dimau. Se-kubus mungkin semakin bagus.
  2. Kertas tipis. (aku memakai kertas roti)
  3. Inkjet paper (karena katanya ini paling pas dipakai sebagai background foto, tapi kamu bisa memakai kertas jenis lain kok.)
  4. Plester bolak-balik
  5. Penggaris
  6. Cutter
  7. Pensil
  8. Dua buah lampu belajar yang memakai lampu LED tipe daylight


How to:
  • Dengan penggaris, pensil, dan cutter, buat lubang segiempat di tiga sisi kardus. Aku menyisakan 1.5 inci (4 cm) dari tepian kardus. 
  • Masih dengan penggaris, pensil, dan cutter, potong segiempat kecil di bagian tengah dari salah satu sisi tutup kardus yang fungsinya untuk lubang intipan ketika memotret.
  • Potong kertas roti sesuai ukuran tiga sisi kardus yang sudah dilubangi.
  • Tempelkan dari sisi dalam kardus memakai plester bolak balik, kertas roti yang sudah kamu potong.
  • Plester mati bagian tutup kardus yang tidak dipotong (yang tidak ada lubang intipannya).
  • Sekarang sisi kardus yang tidak dipotong akan menjadi dasaran dari studio foto minimu, dan bagian tutup kardus yang diplester mati menjadi bagian belakang dari studio foto minimu.
  • susun inkjet paper menjadi sebuah lembaran besar dan tempel di bagian belakang studio foto minimu.
  • Dan jadi deh. Jika sedang memakainya, gunakan lampu belajarnya di sisi kiri dan kanan kardus, dan gunakan lubang intipan untuk meletakkan kamera (bisa dalam posisi ditutup ataupun dibuka) .

Kamera yang dipakai tak harus DSLR seperti foto diatas. Kamu juga bisa memakai kamera saku atau smartphonemu dengan bantuan tripod kecil untuk menjaga supaya gambar tidak goyang.

Dengan ini, meskipun tengah malampun, asal sedang tidak mati listrik, jadi bisa foto produk kapan saja deh.. :D

Contoh hasil foto memakai bantuan studio foto mini ini:

  

Peringatan: Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, atau studio foto minimu tidak akan berumur panjang. :p

Ini adalah salah satu video youtube yang kupakai untuk referensi:




@ajeng_poyeng
ajeng-sitoresmi.blogspot.com

Friday, November 13, 2015

Mini Upcycle : Membuat shawl kecil menjadi Shrug


Beberapa hari yang lalu, aku mendapatkan sebuah shawl kecil cantik dari Dye2Tye bekerja sama dengan Folksy Magazine.. Dan aku suka sekali dengan bahan dan juga motif dari shawl ini.

Sayangnya, meskipun lebarnya cukup, shawl ini tidak cukup panjang untuk kupakai sebagai kerudung. (padahal dia canteek.. uhuhuhu).

Maka, ku-upcycle saja menjadi sebuah shrug (luaran baju semacam vest/bolero). Metode yang kupakai ini tidak melibatkan mesin jahit (meski kamu bisa saja memakainya kalau kamu punya) dan selesai dalam waktu singkat. :D

*panjang shawl ini sekitar 145 x 60 cm
-- Dengan sisi yang bagus menghadap dalam (di shawl ini luar dan dalam ga ada bedanya sih), lipat kedua sisi panjang shawl kamu, bertemu di titik tengah panjang shawl.

Lalu jahit sesuai contoh gambar di bawah ini. (bagian yang tidak dijahit di kanan dan kiri lipatan, akan menjadi lubang lengan. Sedangkan bagian yang tidak dijahit di bagian pertemuan di tengah, akan menjadi bagian kerah)


*pakai apapun yang ada untuk menahan kain ketika dijahit :p 
-- Setelah selesai menjahit (aku memakai tusuk tikam jejak, dan menyelesaikannya kurang lebih dua jam sambil nonton acara favorit di TV), balik kerjaanmu hingga sisi yang bagus menghadap keluar lagi. 

Sudahhh... langsung siap dipakai :D




Have a nice day!! :D

@ajeng_poyeng
ajeng-sitoresmi.blogspot.com

Sunday, June 21, 2009

My handmade shop



Follow this link to go to my knit shop.

and this blog about free knitting patterns



Happy Knitting!

:)

Saturday, May 9, 2009

Sew : Charlie Reusable Grocery Bag

Happy Day everyone!!!

Akhirnya menjahitnya juga!

Setelah ngopi patternnya di sini. Dan mencoba mengerti bagaimana menjahitnya.
Jadilah sebuah tas, yang (ternyata) besar! 50.5cmx 65cm!


Tapi kalau sudah dilipat cuma 11cmx11cm saja!


Sangat praktis dibawa kemana-mana.


* kugambarin bunga supaya ga polos-polos banget. :)


----
Happy Crafting!

 :D

Wednesday, February 25, 2009

Alas Duduk Buatan Sendiri

Happy Day everyone!!!

Duh... Setelah sekian lama hanya sekedar ambisi,
Akhirnya setelah pekan lalu survei bahan di Liman, Malioboro Jogja, dan membeli bahan-bahan itu hari minggu yang lalu,
selama siang kemarin, aku ngelesot di depan TV ruang tamu, untuk membuat alas duduk ini sambil nonton TV (yang kebanyakan gosip terus, sampai aku hapal gosip terbarunya Dewi Perssik), dan selesailah tiga buah alas duduk untuk menemani duduk kami di ruang TV seterusnya.

Pertama-tama aku mendapatkan inspirasi dari sini.

Alat dan bahan yang kupakai adalah :

Bahan :


  • Busa kualitas sedang (beli sudah berbentuk segiempat) tebal 8 cm - kubagi 3
  • kain sofa bermotif (aku tidak tahu namanya) - 1 m
  • kain tipis yang biasa untuk tas souvenir/green bag (spundbound)
  • plastik, untuk alas tambahan

Alat : (dari kiri bawah)


  • kancing besar - 6 biji
  • jarum panjang (untuk masang kancing)
  • gunting
  • jarum pentul
  • jarum jahit (pakai yang paling besar)
  • benang (aku pakai benang jeans)
  • cutter
  • meteran kain
  • kapur kain
  • plester bolak-balik
  • tang (kenapa pakai tang segala?? untuk membantumu menarik jarum ketika menjahit)


Cara bikin :

  • busa,dan semua kain kupotong bagi tiga semua.
  • ambil busa satu bagian, tandai tempat yang nantinya diberi kancing, terus sayat bagian itu sedikit.
  • setelah itu ambil kain tipis, dan dibungkuskan ke busa. Jahit bagian belakangnya.

dibungkus spundbound

  • Selanjutnya ambil kain sofa dan bungkuskan juga ke busa yang telah dibalut kain putih. Jahitlah bagian belakangnya hingga dirasa cukup dan puas (disinilah tang berperan saudara-saudara :D )
  • Setelah itu, tambahkan kancing sebagai aksen ke alas duduk yang sudah 90% jadi itu di tempat yang telah sebelumnya ditandai. Jahit sampai tembus. (usahakan tembus ke kain sofa semua)
  • Tambahkan plastik yang ditempel dengan plester bolak-balik di bagian alasnya.
  • Dan,  Taraaa!!!





*Dapat tiga lho saudara-saudara! :D

:D

Tuesday, January 20, 2009

Sunday, September 28, 2008

Posting handmade creation!!

Welcome!,These are my handmade creations. (Yup. I made these all without sewing machine! Tired? yup! Happy? Absolutely!)

1. Creation #1




2. Creation #1 with variation






3. Creation #2




4. Creation #3





Ya, Ya. Thanks for the praises. (Hahaha!!)
Of course, these are not my last creations! wait for the next ones!!
Huahahahahahaha.

Wist list : having a sewing machine. It's so hard making things like this with hand. T_T
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...