intelectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of the picture (with or without watermark) from this site without my permission.

Saturday, June 25, 2016

DIY: Studio Foto Mini dari Kotak Kardus


Aku tipe yang suka dan sudah terbiasa memotret benda-benda kecil (sebut saja: benang rajut) pake bantuan cahaya matahari langsung sebagai pencahayaan. Tapi akhir-akhir ini susah banget cari waktu yang tepat karena sering banget hujan, atau malah harus pergi sampai malam.

Makanya, kupikir ini saatnya aku mencoba mempraktekkan tutorial-tutorial cara membuat studio foto mini dari kardus yang sudah beberapa kali kutonton dulu. Murah dan mudah dibuat! :D

Bahan dan alat yang disiapkan:
  1. Kardus sesuai ukuran yang dimau. Se-kubus mungkin semakin bagus.
  2. Kertas tipis. (aku memakai kertas roti)
  3. Inkjet paper (karena katanya ini paling pas dipakai sebagai background foto, tapi kamu bisa memakai kertas jenis lain kok.)
  4. Plester bolak-balik
  5. Penggaris
  6. Cutter
  7. Pensil
  8. Dua buah lampu belajar yang memakai lampu LED tipe daylight


How to:
  • Dengan penggaris, pensil, dan cutter, buat lubang segiempat di tiga sisi kardus. Aku menyisakan 1.5 inci (4 cm) dari tepian kardus. 
  • Masih dengan penggaris, pensil, dan cutter, potong segiempat kecil di bagian tengah dari salah satu sisi tutup kardus yang fungsinya untuk lubang intipan ketika memotret.
  • Potong kertas roti sesuai ukuran tiga sisi kardus yang sudah dilubangi.
  • Tempelkan dari sisi dalam kardus memakai plester bolak balik, kertas roti yang sudah kamu potong.
  • Plester mati bagian tutup kardus yang tidak dipotong (yang tidak ada lubang intipannya).
  • Sekarang sisi kardus yang tidak dipotong akan menjadi dasaran dari studio foto minimu, dan bagian tutup kardus yang diplester mati menjadi bagian belakang dari studio foto minimu.
  • susun inkjet paper menjadi sebuah lembaran besar dan tempel di bagian belakang studio foto minimu.
  • Dan jadi deh. Jika sedang memakainya, gunakan lampu belajarnya di sisi kiri dan kanan kardus, dan gunakan lubang intipan untuk meletakkan kamera (bisa dalam posisi ditutup ataupun dibuka) .

Kamera yang dipakai tak harus DSLR seperti foto diatas. Kamu juga bisa memakai kamera saku atau smartphonemu dengan bantuan tripod kecil untuk menjaga supaya gambar tidak goyang.

Dengan ini, meskipun tengah malampun, asal sedang tidak mati listrik, jadi bisa foto produk kapan saja deh.. :D

Contoh hasil foto memakai bantuan studio foto mini ini:

  

Peringatan: Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, atau studio foto minimu tidak akan berumur panjang. :p

Ini adalah salah satu video youtube yang kupakai untuk referensi:




@ajeng_poyeng
ajeng-sitoresmi.blogspot.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsored Video